United States Ashburn , Kamis 13 Juni 2024
IMG-LOGO

Mengenal Organ Pernapasan pada Tubuh Manusia

IMG
Admin
07 Jan 2024 - 00:21 WIB - 636 Views - 1 min read
IMG



Halo Sobat SMP! Bernapas merupakan suatu tahapan vital dalam proses metabolisme tubuh kita. Setiap manusia memerlukan oksigen untuk menghasilkan energi melalui proses bernama respirasi. Agar respirasi dapat berlangsung, tubuh manusia telah dilengkapi dengan sejumlah organ pernapasan. Penasaran apa saja organ pernapasan yang ada di dalam tubuh manusia? Yuk, simak lebih lanjut artikelnya!

 

1. Rongga hidung

Rongga hidung bukan hanya sebagai tempat di mana kita mencium aroma yang sedap, tapi juga merupakan pintu gerbang pertama bagi udara yang masuk ke dalam tubuh kita. Rambut-rambut hidung berperan penting menyaring debu atau kotoran dari udara. Selaput lendir membantu menjaga kelembaban dan menyesuaikan suhu udara agar sesuai dengan suhu tubuh kita. Jangan lupakan ujung-ujung saraf pembau di hidung kita yang memungkinkan kita mengendus aneka aroma dengan sangat baik.

 

2. Trakea dan Bronkus

Setelah melewati rongga hidung, udara mengalir melalui trakea, pipa pemanjang yang menghubungkan tenggorokan dengan paru-paru. Trakea dilindungi oleh tulang rawan huruf C di bagian depan untuk menjaga kelenturan. Sel-sel bersilia pada trakea membantu menyaring udara. Bronkus, yang merupakan cabang batang tenggorokan, mengarahkan udara ke paru-paru kanan dan kiri.

 

3. Paru-Paru

Paru-paru merupakan organ utama dalam pernapasan manusia. Terbagi menjadi paru-paru kanan dan kiri, paru-paru dilapisi oleh pleura sebagai pelindung. Paru-paru memiliki tekstur spongy dan berisi udara. Paru-paru memiliki tekstur spongy dan berisi udara. Di dalamnya, bronkiolus dan alveolus (kantung udara dengan selaput tipis) berperan dalam pertukaran gas, mengeluarkan karbon dioksida dan mengambil oksigen.

Setelah mengetahui organ-organ pernapasan pada manusia, mari kita pelajari mekanisme pernapasan pada manusia. Pernapasan pada manusia terjadi dalam dua fase, yaitu inspirasi dan ekspirasi. Pada fase inspirasi, otot antar tulang rusuk bagian luar berkontraksi, meningkatkan volume rongga dada, dan menarik udara ke dalam paru-paru. Di fase ekspirasi, otot antar tulang rusuk bagian dalam berelaksasi, menyempitkan rongga dada, dan mendorong udara keluar.

Selain itu, otot diafragma juga berperan penting. Pada fase inspirasi, diafragma berkontraksi dan memperbesar rongga dada, memungkinkan udara masuk. Pada ekspirasi, diafragma relaksasi, rongga dada menyempit, dan udara terdorong keluar.

Sobat SMP, dengan penjelasan di atas kita menjadi lebih tahu mengenai organ dan mekanisme pernapasan pada manusia.



Cek Berita dan Artikel kami yang lain di Google News