United States Ashburn , Kamis 18 Juli 2024
IMG-LOGO

Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Indonesia di Museum Pendidikan Surabaya

IMG
Admin
02 Jul 2024 - 06:07 WIB - 167 Views - 3 min read
IMG



Museum Pendidikan Surabaya merupakan museum tematik tentang pendidikan yang ditujukan untuk memelihara warisan sejarah dan budaya juga untuk mengedukasi masyarakat. Saat ini, Museum Pendidikan Surabaya telah menjadi salah satu sarana untuk kegiatan belajar, penelitian, dan rekreasi yang ada di Kota Surabaya. Tempat ini juga memiliki koleksi-koleksi yang memiliki nilai sejarah tinggi lho. Tertarik mengunjunginya? Simak ulasannya berikut ini.

 

Daya Tarik Museum Pendidikan Surabaya

Museum Pendidikan Surabaya telah didirikan oleh Pemerintah Kota Surabaya pada 25 November 2019 lalu bertepatan dengan Hari Guru Nasional. Gedung yang dipilih telah dibangun pada 1925-1930 dan memiliki nilai sejarah tersendiri pada sepak terjang pendidikan Indonesia. Pasalnya sebelum menjadi museum sekarang, gedung tersebut dulunya merupakan sekolah Taman Siswa, yaitu sekolah orang pribumi pertama kalinya.

 

Museum Pendidikan Surabaya sendiri menyimpan sekitar 860 koleksi meliputi historika, filologika, heraldika, etnografika, keramologika, dan teknologika. Itu pun belum ditambah dengan koleksi-koleksi yang masih dalam pencarian di berbagai tempat seperti Yogyakarta, Jakarta, dan lainnya yang belum dibeli. Tata letak Museum Pendidikan menarik karena mengikuti alur sejarah pendidikan di Indonesia, mulai dari masa pra-aksara hingga zaman kemerdekaan, dengan menampilkan koleksi-koleksi dalam konteks yang sesuai. Memiliki luas sebesar 1.452 meter persegi, museum ini terbagi menjadi empat bagian utama: Masa Pra-Aksara, Masa Klasik, Masa Kolonial, dan Masa Kemerdekaan.

 

Pengunjung akan merasakan suasana sekolah zaman dahulu sejak masuk ke museum ini. Berbagai alat tulis, peralatan hitung, ijazah, dan dokumen penting yang masih menggunakan ejaan lama dipamerkan di sini. Ada juga ruang khusus yang direplikasi seperti ruang kelas jaman dulu untuk memberikan pengalaman yang autentik kepada pengunjung. Tempatnya yang estetik dan instagramable, Museum Pendidikan Surabaya sangat cocok dijadikan tempat rekreasi sekaligus edukatif.

 

Lokasi dan Aksesibilitas Museum Pendidikan Surabaya

Museum Pendidikan Surabaya memiliki lokasi yang sangat strategis dan mudah dijangkau karena bertempat di pusat kota, yaitu di Jalan Genteng Kali No. 10, Surabaya. Kamu bisa dengan mudah mengunjunginya dengan kendaraan pribadi atau transportasi umum yang tersedia di Kota Surabaya.

 

Selain itu, Museum Pendidikan Surabaya juga terletak dalam kompleks yang sama dengan Taman Ekspresi, memungkinkan pengunjung untuk melanjutkan eksplorasinya di Taman Ekspresi yang terletak di sepanjang tepi Sungai Kalimas.

 

Harga Tiket dan Jam Buka Museum Pendidikan Surabaya

Dilansir dari Tiket Wisata Surabaya, Museum Pendidikan bisa kamu akses dengan membayar tiket sebesar Rp 5.000 saja. Adapun jam operasional Museum Pendidikan yaitu dari pukul 08.00-21.00 WIB.

 

Itu dia ulasan mengenai Museum Pendidikan yang ada di Surabaya. Selain rekreasi ke tempat estetik bernuansa vintage, kamu juga akan mendapat banyak pengetahuan tentang pendidikan di sana. Menarik bukan? Segera luangkan waktumu ke sini ya!



Cek Berita dan Artikel kami yang lain di Google News