United States Ashburn , Kamis 13 Juni 2024
IMG-LOGO

5 Fungsi Tanah bagi Kehidupan di Bumi

IMG
Admin
16 Jan 2024 - 21:48 WIB - 444 Views - 1 min read
IMG



Halo Sobat SMP! Tanah, sebagai salah satu unsur lingkungan di muka bumi, memiliki peran yang sangat penting dalam menopang kehidupan. Tanah sebagai penopang kehidupan memiliki arti bahwa tanah menyediakan segala hal yang dibutuhkan oleh makhluk hidup. Lalu apa sajakah fungsi tanah bagi kehidupan di bumi? Berikut adalah lima di antaranya:

 

1. Penyedia dan Penyaring Alami Air

Sifat dan tekstur tanah mempengaruhi kemampuan tanah dalam menyimpan air. Tanah yang memiliki porositas baik, struktur halus dan permeabilitas tinggi mampu menyerap air hujan dengan baik. Air hujan bisa masuk lebih dalam dan disimpan sebagai air bawah tanah. Kandungan bahan organik dalam tanah berfungsi sebagai filter/penyaring air yang masuk ke tanah sehingga air yang tadinya kotor bisa menjadi bersih.

 

2. Penyangga Kehidupan Organisme

Tanah merupakan rumah bagi berbagai makhluk hidup. Tanah menyediakan sumber makanan, unsur hara, energi, oksigen, dan air. Di dalam tanah, organisme-organisme saling berhubungan dan saling membutuhkan membentuk suatu jaring-jaring makanan. Dalam ekosistem tanah terdapat produsen, konsumen, dan pengurai (dekomposer) sehingga keseimbangan kehidupan dalam tanah tetap terjaga.

 

3. Media Tumbuh bagi Tumbuhan

Tumbuhan dapat tumbuh di atas tanah karena terdapat unsur hara tanah, udara, dan air dalam tanah yang dibutuhkan tumbuhan. Tanah dapat menyangga tumbuhan dengan akar tumbuhan yang masuk mencengkram tanah. Akar di dalam tanah turut meningkatkan kemampuan tanah dalam menyimpan air. Keberadaan tumbuhan juga memberikan keuntungan bagi tanah karena sisa-sisa tumbuhan mati, ranting, daun yang gugur sebagai sumber bahan organik bagi tanah. Bahan organik merupakan sumber energi bagi organisme pengurai dan hasil penguraiannya kembali ke tanah menjadi unsur-unsur hara yang akan diserap tumbuhan.

 

4. Pendaur Ulang Alami

Proses pembusukan dan penguraian sisa-sisa organisme mati terjadi di dalam tanah. Tanah berperan sebagai tempat utama pendaur ulang alami, di mana sisa-sisa organisme mati diuraikan menjadi unsur-unsur hara tanah yang dibutuhkan. Tanaman kemudian menyerap unsur-unsur hara ini, membentuk suatu siklus alami yang mendukung kesuburan tanah dan pertumbuhan tanaman.

 

5. Penyumbang Komposisi Atmosfer

Atmosfer Bumi terdiri atas nitrogen (78.17%), oksigen (20.97%), karbondioksida (sekitar 0.0357%), uap air, dan gas lainnya. Nitrogen merupakan gas yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman, nitrogen akan masuk kedalam pori-pori tanah dan diikat oleh organisme tanah. Oksigen dibutuhkan untuk proses respirasi kehidupan dalam tanah, hasil respirasi yaitu karbondioksida akan dilepaskan ke atmosfer. Karbondioksida juga dihasilkan dari proses penguraian dan kembali dilepaskan ke atmosfer bumi.



Cek Berita dan Artikel kami yang lain di Google News