United States Ashburn , Kamis 13 Juni 2024
IMG-LOGO

Cara untuk Menciptakan Lingkungan Sekolah yang Sehat

IMG
Admin
30 Nov 2023 - 23:53 WIB - 886 Views - 1 min read
IMG



Lingkungan sekolah yang sehat pasti membuat nyaman semua orang. Untuk menciptakan lingkungan sekolah yang sehat, harus ada usaha dari para murid, guru, dan juga seluruh warga sekolah. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), lingkungan diartikan sebagai daerah atau kawasan yang termasuk di dalamnya. Sementara itu, sehat adalah suatu hal yang mendatangkan kebaikan pada badan. Bisa disimpulkan, lingkungan sehat adalah kondisi daerah yang mendatangkan kebaikan pada badan, atau tidak menyebabkan masalah, baik untuk kesehatan ataupun hal lainnya. Menurut R. Sihadi Darmo Wihardjo dan Henita Rahmayanti dalam buku Pendidikan Lingkungan Hidup (2021), lingkungan yang sehat akan menciptakan kesehatan, memberi suasana tenang, dan rasa nyaman. Maka dari itu sudah menjadi kewajiban setiap orang untuk menciptakan lingkungan yang sehat, termasuk lingkungan sekolah.

 

 

Lingkungan sekolah yang sehat

Mengutip dari buku Keperawatan Komunitas (2020) karya Martina Pakpahan, dkk, lingkungan sekolah yang sehat akan sangat mendukung proses belajar serta membantu siswa dan guru terhindar dari perilaku negatif.

Berikut beberapa cara menciptakan lingkungan sekolah yang sehat:

  • Menaati peraturan sekolah

Agar lingkungan sekolah yang sehat dapat tercipta, kita harus menaati peraturan sekolah yang ada. Misalnya memakai baju seragam yang tepat sesuai jadwal. Apabila peraturan ditaati, lingkungan sekolah yang sehat dapat tercipta. Karena semua warganya mematuhi peraturan, sehingga kondisi sekolah terasa aman, nyaman, dan tertib.

  • Melakukan penghijauan di area sekolah

Penanaman pohon atau tanaman menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang sehat. Karena udara akan terasa lebih sejuk dan terhindar dari polusi.

  • Saling menghormati, saling membantu dan saling menghargai

Dalam lingkungan sekolah, sangat penting untuk saling menghormati, membantu, dan saling menghargai antarteman, maupun antara murid dengan guru, atau sebaliknya.

  • Melakukan kerja bakti

Kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah perlu dilakukan supaya kebersihan dan keasrian lingkungan tetap terjaga. Sehingga sangat aman dan nyaman untuk proses belajar.



Cek Berita dan Artikel kami yang lain di Google News